Anak Susah Makan, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anak Susah Makan, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pengertian Anak Susah Makan

Anak susah makan adalah suatu kondisi di mana anak mulai susah menerima makanan yang diberikan. Kadang anak akan mengemut makanan di dalam mulutnya terlalu lama, melepehkan makanan yang masuk ke mulutnya, bungkam atau tidak mau membuka mulutnya ketika disuapin makanan atau bahkan menolak atau nggak mau kalau disuruh makan.

anak susah makan
anak susah makan, cari penyebabnya dan cara mengatasinya

Anak susah makan biasanya akan cenderung menyukai jajanan di luar yang justru tingkat kesehatannya dipertanyakan atau bahkan bisa membahayakan kesehatan. Anak biasanya akan menolak dengan berbagai alasan ketika disuruh makan makanan yang sehat karena katanya membosankan.

Memasuki usia 11-12 bulan sampai sekitar 3 tahun biasanya anak akan mulai menunjukkan gejala-gejala susah makan atau bahkan nggak mau makan. Sebagai orang tua khususnya ibu tentu khawatir dengan kejadian ini. Namun ibu tidak perlu panik. Ibu hanya perlu mengerti dua hal: cari tahu penyebab anak susah makan dan cari tahu cara mengatasi anak susah makan.

Penyebab Anak Susah Makan

Penyebab anak susah makan antara lain:

1.Anak Tidak Benar-Benar Merasa Lapar

Mungkin ibu terbiasa memberikan anaknya 3 kali makan utama dan 2 kali makan selingan. Hal itu bisa jadi membuat anak kenyang dan ketika waktu makan berikutnya tiba, bisa jadi anak belum benar-benar merasa lapar. Rutinitas makan dan minum susu bisa juga membuat anak bosan. Hal itu bisa jadi akan terbawa terus hingga mendekati usia 3 tahun.

2.Anak Mulai Punya Selera Terhadap Rasa

Dalam rentang usia 1-3 tahun, rasa ingin tahu anak akan meningkat. Anak sudah punya selera sendiri terhadap makanan. Anak tidak mau lagi makan makanan bayi yang rasanya tawar. Tidak ada salahnya ibu memberikan rasa-rasa tertentu yang disukai anak ke dalam makanan, seperti gula dan garam. Cari tahulah terus tentang cita rasa yang disukai anak.

3.Anak Mulai Bosan Dengan Tekstur Makanan Yang Halus dan Campur Aduk

Sudah sewajarnya kalau anak mulai bosan dengan dengan tekstur makanan yang halus dan campur aduk seperti ketika ia masih bayi. Ibu harus pandai menyiasati dalam pengolahan dan penyajian makanan. Bisa divariasikan misalnya dengan menghaluskan nasinya saja dan memisahkan lauknya.

4.Anak Mulai Memunculkan Sikap Negativistik

Pada usia batita biasanya anak akan memunculkan sikap negativistik yaitu sikap penolakan terhadap rutinitas yang selama ini wajib dijalani anak. Namun orang tua justru semakin memaksa anak menjalani rutinitas tersebut dan akibatnya anak semakin ngotot melakukan perlawanan.

5.Anak Mulai Mencari Perhatian

Biasanya hal ini terjadi karena orang tua terlalu sibuk dan lupa memberikan perhatian kepada anaknya. Anak justru lebih dekat dengan pengasuh. Untuk mencari perhatian orangtuanya anak bisa aja bersikap aneh, misalnya mau makan dengan lahap ketika disuapi oleh pengasuh dan anak susah makan justru ketika disuapi oleh orangtuanya. Sebenarnya anak cuma berusaha mencari perhatian dari orangtuanya.

6.Anak Mulai Mengeksplorasi Dirinya

Ketika anak sudah bisa berjalan maka anak cenderung menyenangi aktivitas berjalannya. Anak akan berusaha mengeksplorasi dirinya dengan berjalan ke mana-mana. Anak jadi sangat aktif bergerak dan susah diajak diam. Anak juga akan susah kalau diajak makan.

7.Anak Sedang Sakit

Anak susah makan karena sakit biasanya ditandai dengan: badan lemas, sering demam, bolak-balik diare, berat badannya cenderung stagnan atau bahkan turun dan tingkah lakunya berubah menjadi pendiam dan malas-malasan. Solusi terbaik adalah anak harus segera diperiksakan ke dokter.

anak sakit salah satu penyebab anak susah makan
anak sakit salah satu penyebab anak susah makan

8.Anak Terbiasa Makan Jajanan Manis dan Gurih

Kebiasaan anak yang sering makan jajanan manis dan gurih akan menyebabkan anak tidak menyakai makanan sehat yang disajikan oleh orangtuanya. Akibatnya asupan kalorinya tidak terpenuhi dan anak menjadi lemas. Solusi terbaik harus dengan mengurangi konsumsi anak terhadap jajanan manis dan gurih.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Bagi orangtua yang anaknya susah makan, cobalah beberapa cara mengatasi anak susah makan berikut:

1.Berikan Makanan Yang Rasanya Enak

Sebelum menyajikan makanan dan memberikan makanan kepada anak kita, sebaiknya ibu mencicipinya terlebih dahulu. Kalau rasanya kurang enak atau bahkan tidak enak, jangan diberikan. Namun berikanlah makanan yang benar-benar enak rasanya.

2.Kombinasikan Rasa Makanan Secara Ideal

Kombinasikan rasa asin dan gurih dari lauk pauk dengan rasa manis dan asam dari buah-buahan secara ideal. Tujuannya agar makanan enak dikecap, harum ketika dicium dan menggugah selera.

3.Variasikan Menu Makanan

Cobalah untuk memvariasikan hidangan setiap kali makan. Variasi tersebut bisa dari pilihan bahan, bisa juga dari cara penyajiannya.

4.Gunakan Peralatan Makan Yang Menarik

Gunakan peralatan makan yang warnanya cerah dan menarik selera makan. Bisa juga dengan bentuk peralatan makan yang unik atau dengan peralatan makan yang ada gambar-gambar tokoh kartun yang disukai anak.

5.Jangan Membeda-Bedakan

Cobalah untuk memberikan lauk atau sayuran untuk anak kita yang sama dengan yang dimakan anggota keluarga yang lain. Cobalah untuk tidak membedakan-bedakan.

6.Ciptakan Suasana Makan Yang Menyenangkan

Cobalah untuk menciptakan suasana yang menyenangkan ketika anak makan, misalnya: sambil mendengarkan musik, sambil bermain, sambil membacakan cerita atau dongeng serta apa saja yang membuat anak nyaman ketika makan.

7.Hindari Terlalu Banyak Susu

Sebagian orang tua justru sering melakukan kesalahan dengan memberikan susu dalam jumlah besar ketika mendapati anak susah makan. Padahal hal itu justru akan membunuh nafsu makan si anak karena bagaimana pun makanan padat sangat penting bagi anak untuk pembelajaran mengunyah dan menelan.

8.Kurangi Pemberian Makanan Alternatif Yang Mengenyangkan

Pemberian makanan alternatif yang mengenyangkan seperti coklat sebaiknya dikurangi. Kalau khawatir asupan karbohidratnya kurang karena anak tidak suka nasi, berikanlah makanan alternatif yang gizinya setara seperti roti, jagung, dan lain-lain.

9.Berikan Madu Antariksa

madu antariksa untuk anak susah makan
madu antariksa adalah solusi ampuh untuk mengatasi anak susah makan

Solusi paling ampuh untuk mengatasi anak susah makan adalah dengan memberikan madu antariksa. Madu antariksa adalah madu anak pertama yang mengandung gamat emas. Selain itu madu antariksa juga tercipta dari madu murni, mengandung temulawak dan albumin dari ikan gabus. Kandungan temulawak pada madu antariksa sangat ampuh untuk mengatasi anak susah makan.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *